Selasa, 22 Desember 2009

Profil Kabupaten Karawang



Kabupaten Karawang berada dibagian utara Provinsi Jawa Barat yang secara geografis terletak di 107o02 - 107o40 BT dan antara 5o56 - 6o34 LS memiliki luas wilayah 1.753,27 Km2. Daerah ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Subang di sebelah timur, Kabupaten Purwakarta di sebelah tenggara, Kabupaten Bogor dan Cianjur di sebelah selatan, Kabupaten Bekasi di sebelah barat.

Sejak zaman dulu masyarakat mengenal Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi Jabar. Tingkat produksi padi Karawang tidak lepas dari dukungan sistem pengairan yang memadai, saluran irigasi di Karawang terdiri dari saluran induk tarum utara yang berasal dari Bendungan Walahar, saluran induk tarum barat dan saluran induk tarum timur yang berasal dari bendungan curug. Sistem irigasi serta sarana dan prasarana lain mendukung kegiatan pertanian menjadikan lapangan usaha ini memegang peranan dalam pembentukan PDRB Karawang.

Kini industri pengolahan menempati posisi sebagai penyumbang utama, perdagangan, hotel, dan restoran tetap diurutan kedua sedangkan pertanian dibawahnya. Kegiatan industri di Karawang berlokasi di bagian selatan yakni di kecamatan klari, Telukjambe, Karawang, Jatisari, Pangkalan, dan Cikampek. Berdasrkan sarana dan prasarana kegiatan industri, lokasi industri Karawang dibedakan dalam tiga kategori: Kawasan industri, zona industri, dan kota industri. Industri mesin dan logam dasar merupakn jenis industri yang menyerap investasi terbesar.

Selain hasil industri dan padi, Karawang memiliki produk lain yang berpotensi dikembangkan, jamur merang misalnya dengan luas lahan separuh dari luas wilayah, tentunya Karawang kaya akan jerami, hasil limbah padi ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku jamur merang. Sumber protein nabati yang dapat dikonsumsi sehari-hari itu saat ini dibudidayakan di delapan Kecamatan antara lain Cilamaya, Cikampek, dan Rengasdengklok. Karawang akan tetap mempertahankan predikat lumbung padi tapi tidak alergi dengan industri selain meningkatkan produktivitas padi dan sistem penanaman padi-padi-palawija, kesejahteraan petani juga ditingkatkan dengan mendirikan pasar induk beras yang ditargetkan dimulai pembangunannya.



Sumber Data:
Jawa Barat Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Jawa Barat
Jl. PHH Mustapa No. 43, Bandung 40124
Telp (022) 7272595, 7201696
Fax (022) 7213572

Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=3215

Sumber Gambar:
http://indagsar-karawang.com/index.php?option=com_wrapper&Itemid=50

1 komentar: